Monday, May 28, 2007

TOMAT HIJAU SEGAR BERKAT KOMPOS

Bandung, Jl. Alfa No. 92, Cigadung II, 29 Mei 2007

Foto: Sobirin, 2006, Tanaman tomat mulai berbuah
Oleh: Sobirin
Tanaman juga makhluk hidup , maka perlu kita perhatikan dan pelihara dengan baik. Tanaman akan tumbuh subur dan segar bila mendapat pemeliharaan dan perhatian yang baik. Lihatlah, setelah 1,5 bulan tomat mulai berbuah.

Segar dan sangat menarik. MOL yang telah diencerkan (encer sekali) selalu disiramkan paling tidak 2 atau 3 hari sekali. Rumput-rumput yang ikut tumbuh dicabut saja (dirambet). Tanah yang telah bercampur kompos di pot diaduk sedikit dan pelan, hati-hati kena akar tanaman. Sedikit membalik-balik tanah ini untuk memasukkan oksigen ke dalam tanah.
Bila suka membuat sambal hijau, tomat seukuran yang ada di foto bisa dipetik. Sambal hijau campur kencur atau cikur enak sekali untuk teman makan. Bila pemeliharaan tomat ini baik sekali, satu batang tanaman tomat bisa berbuah hingga hingga 80 buah tomat. Ini pengalaman tetangga saya di Cigadung yang juga telah “tertular” membuat MOL dan kompos sendiri. Mungkin karena saya bukan ahli pertanian, satu batang tanaman tomat saya “hanya” berbuah 40 buah tomat saja.

No comments: