Saturday, December 29, 2007

BERBAGI SINAR MATAHARI

Bandung, Jl. Alfa No. 92 Cigadung II, 30 Desember 2007
Foto: Sobirin 2007, Pohon Kersen Jl. Alfa 92, dirapihkan

Oleh: SOBIRIN
Saya senang menanam pohon keras tahunan di halaman rumah, ada jambu, belimbing, cengkeh, kersen. Karena keterbatasan lahan, pohon-pohon tumbuh saling bertabrakan dan daun-daunnya menutupi sinar matahari. Dampaknya, tanaman semusim di pekarangan saya, ada tomat, cabe, kangkung darat, dan lain-lainnya menjadi agak pucat, karena kurang sinar matahari. Tanaman juga sangat memerlukan sinar matahari.



Untuk berbagi sinar matahari, maka saya memangkas pohon-pohon di halaman rumah. Cabang dan ranting yang tumbuh liar saya potong. Tidak semuanya, asal rapih dan cukup memberi celah-celah agar sinar matahari mengenai permukaan tanah.

Terlalu banyak pohon di halaman rumah tidak baik, tidak ada pohon di halaman rumah lebih tidak baik.

Untuk memperoleh bentuk pohon keras tahunan yang indah dan kuat, perlu tahapan penanaman sebagai berikut: penyiraman, pemupukan, penyemprotan, pemangkasan, demikian berulang terus Pohon di halaman rumah perlu pemangkasan setiap waktu tertentu. Kalau tidak dilakukan pemangkasan, maka cabang dan ranting akan tumbuh liar tidak sesuai dengan bentuk yang kita inginkan, meluas menutupi sinar matahari.

Pohon keras tahunan membuat iklim mikro di sekitar rumah menjadi nyaman, sejuk. Bila jumlah pohon terlalu banyak, maka permukaan tanah tidak mendapat sinar matahari. Tanaman perdu menjadi pucat, rumputpun tidak tumbuh.

Berapa sebaiknya jumlah popon di halaman rumah. Katakan luas lahan yang kita miliki 200 m2, sebaiknya luas lahan terbangun 40% saja, atau sekitar 80 m2, boleh bertingkat. Sisanya 120 m2 untuk Ruang Terbuka Hijau (RTH). Dari 120 m2 lahan yang tidak terbangun, katakan 30% nya untuk pepohonan keras tahunan, atau seluas 40 m2. Kalau luas naungan satu pohon (kanopi) kita pilih 10 m2-an, maka jumlah pohon adalah 4 batang, di tanam menyebar, dipilih pohon yang bermanfaat bisa dipanen buahnya. Sisanya 80 m2 untuk halaman terbuka yang ditanami rerumputan, bunga-bungaan, atau sayuran semusim.

Sinar matahari yang cukup ditambah pupuk organik dan MOL akan membuat tanaman bunga-bungaan dan sayuran semusim kita tumbuh subur.

No comments: