Tuesday, October 7, 2008

INSTALASI BATA UNTUK POT STROBERI

Bandung, Jl. Alfa No. 92, Cigadung II, 7 Oktober 2008
Foto: Sobirin 2008, Instalasi Pot Stroberi

Oleh: Sobirin

Saya memiliki sebuah pot, bentuknya membulat, bagian bawahnya mengecil. Tanaman apa yang sekiranya cocok untuk pot semacam ini. Saya mencoba untuk menanam stroberi. Stroberi tumbuh bagus, tetapi pot terlalu rendah. Dengan bata-bata bekas maka jadilah instalasi pot ini.





Bata-bata bekas sisa yang menumpuk di samping rumah dimanfaatkan untuk dijadikan pasangan bata. Ada bata yang potong, ada bata yang utuh, ditata rapih dengan semen, jadilah tempat untuk menambah tinggi pot bulat ini. Cukup bagus.

Tanaman stroberi saya pelihara benar. Tiap hari tanah diaduk, diairi secukupnya, dan tiap 3 hari sekali disiram MOL sangat-sangat encer. Ada perubahan pertumbuhan setelah tanaman ini mendapat perhatian lebih.


Letak pot yang ditopang oleh bata bersusun ini memungkinkan tanaman stroberi bebas bercabang dan berbuah menggantung. Itu nanti. Sekarang stroberi dalam pot bulat ini sedang belajar berbunga.

2 comments:

rainbow said...

saya juga sedang menanam stroberi sekarang... saya punya beberapa kendala pohon stroberi saya sering terkena hama yang kecil-kecil hitam... seperti yang tertera di blog saya
http://pagidansore.multiply.com/journal/item/5/HAMA_STROBERI

saya ingin tahu bagaimana caranya agar stroberi dapat tumbuh dengan baik

serdadoedapoer said...

aku cuma baru belajar, tapi yang aku tahu hama bisa dibasmi dengan pestisida. aku sempat baca website satu ini tentang membuat pestisida alami, semoga bisa membantu http://www.nguntoronadi.wonogiri.org/mod.php?mod=informasi&op=viewinfo&intypeid=3&infoid=11