Thursday, March 5, 2009

KUNJUNGAN PEMERHATI LINGKUNGAN DARI JERMAN

Surabaya, dalam perjalanan, Hotel Singgasana, 5 Maret 2009
Foto: Sobirin, 2008, Ingrid dari Jerman berkunjung ke Alfa 92

Oleh: Sobirin

Tanggal 20 Februari 2009, seorang pemerhati lingkungan dari Jerman, namanya Ingrid, datang ke rumah Jl. Alfa 92 Bandung. Maksudnya, selain melihat konsep zerowaste, juga ingin mendiskusikan kemungkinan membangun ‘Pusat Lingkungan’ di Kota Bandung.





Idenya cukup cemerlang. Ingrid mencoba menghubungi para pemerhati dan pencinta lingkungan di Kota Bandung. Apabila banyak yang mendukung, lalu akan dilanjutkan mendatangi Pemerintah Daerah. Menyampaikan maksud dan tujuan, dan minta dukungan fasilitas, antara lain sebidang lahan untuk mendirikan bangunan ‘Pusat Lingkungan’.

Ingrid memang idealis. Walaupun banyak pengalaman membuktikan bahwa pemerintah tidak dengan mudah bersedia memberi fasilitas begitu saja, namun Ingrid akan mencoba menemui pihak pemerintah untuk memperoleh fasilitas lahan dan sebagainya, bila ide ini telah banyak didukung oleh banyak pemerhati dan pencinta lingkungan. Semoga ide Ingrid yang ingin membangun ‘Pusat Lingkungan’ di Kota Bandung dapat terlaksana.

Setelah berdiskusi, Ingrid melihat ke sekeliling rumah, melihat komposter aerob, anaerob, cara membuat MOL dan sebagainya. Rupanya di rumahnya, di dekat Lembang, Ingrid juga membuat komposter dengan cara-cara mirip seperti yang ada di Jl. Alfa 92 Bandung.

1 comment:

schimonth said...

Selamat pak, karena ternyata upaya zero waste mendapat perhatian dari luar......
saya salut.....
Tapi ngomong-ngomong pak sepertinya pembuatan MOL itu perlu di PATEN kan pak, jangan nanti di klaim pihak luar.....


Salam, Schimonth.