Friday, November 21, 2008

AIR HUJAN DAN MOL MENYUBURKAN PAPAYA BUNGA

Bandung, Jl. Alfa No. 92, Cigadung II, 22 November 2008
Foto: Sobirin 2008, Papaya Bunga Subur Sekali

Oleh: Sobirin

Saya menyemai biji papaya, ketika kecambah tumbuh kuat, lalu saya pindah dan tanam di depan rumah. Ternyata papaya ini jenis papaya bunga. Waktu itu memang musim kemarau, walau disiram dan di MOL pertumbuhan tetap kurang baik. Hampir-hampir saya ingin mencabutnya.



Namun ketika musim hujan tiba, dan hampir tiap hari selalu hujan, papaya ini tumbuh dengan kuncup yang menghijau segar. Apalagi saya tambahkan MOL buatan sendiri tiap 3 (tiga) hari sekali. Pertumbuhan semakin subur. Bunga-bunganya tumbuh di batang yang semakin kokoh. Untung waktu itu ketika musim kemarau tidak jadi saya cabut.

Rupanya komposisi air hujan di sekitar rumah saya masih cukup bagus, tidak tercemar oleh kandungan-kandungan pencemar udara. Untung sekali saya sekarang telah memiliki tangki air tabungan air hujan untuk siram-menyiram tanaman di musim kering. Apalagi kalau menyiram ditambahkan MOL yang memperkaya nutrisi dalam kompos dan tanah.


Bunga papaya hijau ini enak disayur oseng-oseng dengan cabai hijau. Rasanya agak pahit-pahit sedikit, tetapi segar. Beda dengan oseng-oseng buah paria ataupun oseng-oseng kangkung. Pokoknya rasanya beda dan enak.

No comments: