Friday, November 21, 2008

ROSELA SUBUR OLEH AIR HUJAN DAN MOL

Bandung, Jl. Alfa No. 92, Cigadung II, 22 November 2008
Foto: Sobirin 2008, MOL dan Air Hujan Menyuburkan Rosela

Oleh: Sobirin

Tanaman rosela atau roselle atau rosella atau hibiscus sabdariffa yang saya tanam kira-kira satu setengah bulan yang lalu telah tumbuh dengan subur. Air hujan dan MOL telah membantu pertumbuhan tanaman ini. Tinggi tanaman sekitar 1 meter dengan diameter kanopi 75 cm.


Waktu itu cara menanamnya saya semai langsung, beberapa butir benih saya tebar dalam satu lubang yang telah saya beri kompos buatan sendiri. Rupanya benih-benih tadi tumbuh semua. Saya sengaja tidak memindahkan satu persatu ke dalam lubang-lubang tanah yang lain.

Jelas menurut aturan pertanian bisa dikatakan keliru, karena dalam satu lubang tumbuh banyak tanaman. Tapi tidak apa, saya ingin tahu secara alami bagaimana perkembangan pertumbuhan dari rumpun rosela dalam satu lubang ini.


Saat ini batangnya yang berwarna agak kecoklatan terlihat kuat dan kokoh. Diameter batang ada yang seukuran 1 cm. Moga-moga dengan air hujan dan MOL, rosela ini akan terus tumbuh dan berbunga dan berbuah. Nantinya bunganya bisa untuk minuman segar, asem-asem manis. Katanya bisa untuk anti hipertensi.

No comments: