Thursday, April 2, 2009

KETELA POHON SUBUR KARENA KOMPOS

Bandung, Jl. Alfa No. 92, Cigadung II, 3 April 2009
Foto: Sobirin, 2009, Ketela Pohon Subur karena Kompos
Oleh: Sobirin

Membuat kompos di rumah agar rumah menjadi bersih dan ‘zero waste’ memang menyenangkan. Hasil kompos bisa menyuburkan tanaman. Apalagi tanaman di beri MOL encer, ibarat pupuk cair. Termasuk tanaman ketela pohon di halaman rumah saya menjadi sangat subur.




Saya pernah menanam ketela pohon (singkong) di halaman rumah, di pinggir tembok. Waktu itu hanya sekedar iseng. Batang pohon saya tanam mendatar, dengan maksud supaya dari setiap ruas tumbuh pohon singkong muda. Maksud awalnya memang hanya untuk diambil daunnya, untuk sayur, lalab, atau pecel. Tetapi lama-lama tumbuh tinggi. Ketika setahun kemudian saya cabut, ternyata ada ubinya, dan empuk sekali sewaktu digodok dan digoreng. Sayang ubinya tidak begitu banyak, karena menanamnya di pinggir tembok, jadi pertumbuhannya terhalang.

Sejak itu saya ingin mencoba menanam pohon ketela secara serius. Batang ketela saya tanam di media kompos, lalu setiap waktu tertentu di beri MOL encer. Sekarang umur pohon ketela ini sudah 3 bulan, dan tumbuh subur. Nanti kalau sudah berumur 1 tahun baru bisa dipanen ubinya. Moga-moga hasilnya banyak.

No comments: