Thursday, April 2, 2009

KETIKA SANG CUCU INGIN BERTANI

Bandung, Jl. Alfa No. 92, Cigadung II, 3 April 2009
Foto: Sobirin, 2009, Cucu Saya dan Kreasinya

Oleh: Sobirin

Saat ini cucu saya 4 orang, ada yang di Bekasi, di Bogor, dan di Bandung. Cucu yang di Bandung lebih sering tinggal di rumah saya, namanya Rafli, umur 4,5 tahun, sekolahnya di TK. Rupanya Rafli ini ingin bertani seperti kakek-neneknya, tanaman dalam pot diguntingnya.






Anak kecil memang ingin tahu segalanya. Dilihatnya kakek dan neneknya merapihkan tanaman, ingin ikut-ikutan. Tanpa ketahuan, ketika Rafli ini memegang gunting, maka diguntingnya daun-daun tanaman dalam pot. Ketika ditanya, jawabannya biar tumbuh bagus.

Tentu saja sang nenek yang sedang hobi tanam-menanam hanya bisa mengurut dada. Namanya juga anak kecil, suka macam-macam, menirukan perilaku sekelilingnya. Semoga Rafli juga punya hobi zerowaste dan tanam-menanam di kemudian hari.

1 comment:

Lyndri said...

Ketika membaca artikel ini. saya ongat dengan bapak saya yang ingin dicarikan artikel tentang pertanian. sedangkan saya sendiri bingung pertanian yang bagaimana?
Bapak bekerja sebagai wiraswasta dirumah. Dirumahpun ada beberapa tanaman, misal jeruk pecel, jambu, anggur. Kami tidak mempunyai pekarangan yang luas, hanya memanfaatkan bagian atas rumah yang kosong, itupun dekat dengan jemuran pakaian. Alhamdulillah jeruk tumbuh subur, sedangkan untuk jambu klutuk dan anggur tumbuhnya kecil-kecil.
Saya minta bantuannya untuk memberikan solusi dan alternatif pertanian yang cocok untuk bapak saya. Terima kasih