Sunday, September 21, 2008

MENCOBA MENANAM PADI DI SAWAH MINI

Bandung, Jl. Alfa No. 92, Cigadung II, 21 September 2008
Foto: Sobirin 2008, Mencoba Menanam Padi di Sawah Mini

Oleh: Sobirin

Saya memiliki “secuil” lahan ukuran 1 (satu) meter persegi. Dulu pernah ditanami lobak putih organik dengan hasil sukses. Sekarang saya mencoba menanam padi di lahan ukuran mini ini. Tanah diolah dicampur dengan kompos, diairi hingga basah, dan benih padi ditebar.




Tiap hari “sawah” mini ini selalu disiram air, tetapi belum di MOL. Setelah 7 (tujuh) hari benih padi yang ditebar nampak berkecambah subur. Saya akan membiarkan terus persemaian padi ini tumbuh apa adanya.

Mungkin akan kurang sehat, karena bibit padi yang tumbuh ada yang menggerombol. Tidak apa-apa, saya akan amati perkembangannya, sambil mencoba konsep menanam padi tebar bebas.


Sampai umur padi ini sekitar 15 hari, baru akan saya siram dengan MOL sangat encer. Moga-moga percobaan “sawah” mini ini akan berhasil.

No comments: