Friday, March 6, 2009

AIR DAUR ULANG UNTUK MENGAIRI TANAMAN

Bandung, Jl. Alfa No. 92, Cigadung II, 7 Maret 2009
Foto: Sobirin, 2009, Kolam Penjernih Air Limbah untuk Sumber Air
Oleh: Sobirin


Saya mencoba bervariasi merekayasa fungsi kolam penjernih air limbah yang saya buat tempo lalu. Rekayasa terakhir, sambil ‘menjernihkan’ air limbah cucian piring, air kolam saya manfaatkan untuk tanaman dalam pot. Pot-nya dari tanah, tanamannya bermacam-macam.





Pot dari tanah diisi dengan kompos halus dicampur dengan tanah, perbandingan kompos dan tanahnya 3 : 1. Mengapa pot dari tanah? Supaya mudah menyerap air. Pot tanah memiliki pori-pori jauh lebih baik dibanding dengan pot dari plastik.

Tanaman yang saya coba adalah genjer, padi, bawang merah, eceng gondok, ada juga bambu air. Pot-pot ditaruh ke dalam kolam penjernih. Pot tidak ditenggelamkan semua, masih ada bagian atas yang tidak terendam air.

Sesekali tanaman diberi MOL encer.
Ternyata tanaman tumbuh subur. Ini barangkali “semacam” hidrofonik, sebab air selalu ada, walaupun tanaman ditanam dalam pot dengan media tanah dan kompos. Air dari kolam penjernih akan merembas kedalam pot melalui pori-pori pot. Lumayan tidak perlu menyiram, terutama di musim kemarau.

Dari kolam nomor terakhir, sebenarnya masih bisa dibuatkan kolam-kolam kecil yang lain, untuk maksud merendam pot tanaman. Kalau lahan kita cukup luas, kolam-kolam ini bisa dibuat banyak untuk menampung air cucian yang mengalir melalui kolam-kolam sebelumnya. Jadi air cucian ledeng akan lebih bermanfaat lagi, terutama di musim kemarau.

12 comments:

ahliahindra@gmail.com said...

salam kenal pak sob, apa limbah sabun gak terserap sama tanamannya pak? sebenarnya kepikiran juga sih tanam padi dipot, trus potnya ditaruh di kolam dangkal. dan kolamnya dikasih belut apa ikan lele. tapi belum ada modal buat bikin itu. lagian halaman rumah juga sangat-sangat terbatas.

Nana said...

pak Sob, saya ingin menerapkan ini, soalnya washtafel dapur sering macet.. begini kan lebih manfaan..tq pak. salam-Nana

Diana Rustama said...

Assalamu'alaikum Pak Sobirin
Saya mungkin salah satu yang ketinggalan "kereta" karena baru kenal blog ini. Tapi sejak menemukan, tidak jemu-jemu saya telusuri artikelnya. Saya baca satu persatu, tidak ada yang terlewat. Subhanallah bagus semua!!

InsyaAllah akan coba dipraktekkan segera.. Mungkin tidak langsung zerowaste, tapi sekurang-kurangnya minimise waste.
Terus berkarya ya Pak..
Salam takzim dari kami, keluarga asal Bandung yang sedang tinggal di Malaysia

ekowinarno57 said...

slm kenal Pak Sob, gimana klo air limbah cucian spd motor ya? ada sabun,shampo dan oli? udah gitu kapasitasnya lebih besar dari cucian piring?

zicoe1985 said...

postingan yang mantaf neh...siap diterapkan dirumah

ezoel said...

Pak, bagaimana dengan limbah cucian baju dan limbah kamar mandi [mandi, shampoo, air seni], apakah bisa diterapkan dengan bak ini untuk menetralisir limbahnya?

fantu❤ said...

I think its a pretty good idea not that there aren't other sites out there that already do something similar but I think it might catch on here pretty well.

fantu❤ said...

gucci babouska tote prezzo
gucci baby bag london
gucci baby carrier offers
gucci bag "secret"
gucci bag 85th

fantu❤ said...

wow all those garments are so amazing and fabulous I don't come to your blog as often as I would like, but whenever I do I see some really amazing things keep up the good work! =)
Christmas gift
Christmas gift ideas
Christmas gift ideas 2010

Monogram Multicolor
Monogram Mini Lin

sarip husen said...

artikel yang sangat bermanfaat, makasih telah share.
iklan gratis | pasang iklan gratis

herizal alwi said...

Mantap gan
Mohon lebih banyak di sosialisasi dan izin copas gan

ahmad wahyudi, malang said...

kelemahan disain kolam penyaringan ini adalah pada kolam 2, prinsip penyaringan pada kolam 2 adalah dari bawah ke atas, air kolam satu dimasukan ke dasar kolam 1, jangan dari atas, jika proses penyaringan dibalik saya yakin hasilnya akan lebih baik karena kolam 2 berfungsi sebagai bio filtrasi......btw, acungan jempol utk bapak dan patut utk diteladani, selamat mencoba