Friday, May 22, 2009

CABE SEBATANG BERBUAH LIMA PULUH

Bandung, Jl. Alfa No. 92, Cigadung II, 23 Mei 2009
Foto: Sobirin, 2009, Tanaman Cabe berbuah Lima Puluh

Oleh: Sobirin

Tanaman cabe dalam pot juga cukup menjanjikan. Dari biji yang bagus dan disemai terlebih dahulu, kemudian setelah bertunas di pindahkan dalam pot. Dengan media kompos buatan sendiri dan di beri MOL, cabe tumbuh subur, satu batang cabe berbuah sampai 50 cabe segar.




Medianya adalah kompos buatan sendiri dicampur dengan tanah, dengan perbandingan 2 (dua) bagian kompos dan 1 bagian tanah. Tanaman cabe muda hasil persemaian berumur kira-kira 2 (dua) minggu dipindah dalam pot ukuran diameter 40 cm, tinggi 40 cm.

Perawatan seperti biasa, secara rutin di siram dengan MOL encer. Media tanah dibersihkan dari tanaman atau rumput liar yang ikut bertumbuhan. Kalau ada hama yang terkadang membuat daun cabe menjadi keriting, kemudian disemprot saja dengan pestisida organik dari cairan daun suren yang dilumatkan.


Kira-kira dua bulan sudah mulai berbunga, kemudian di bulan ketiga sudah berbuah. Satu batang tanaman berbuah lebat, mencapai 50 buah cabe yang ranum dan segar.

7 comments:

Christine said...

mantab cabenya pak... punya saya yg lg banyak buahnya cabe rawit.

purwanto said...

menarik sekali infonya. boleh nanya kan ? daun suren yang kayak apa ya / daun apa selain daun suren yang bisa dibuat pestisida organik ? Caranya ? Makasih sekali !

nurwae said...

wah.. saya coba mau tanam cabe keriting, tapi saya semaikan sampe hampir 1 bulan kok belum keluar daun ya?? kurang sinar matahari atau kenapa??

Acan said...

Sy salut n bangga ama pak sob.numpang tanya pak,bikin MOL dr tape aromanya asam.gmn crnya spy wangi?dptkah tape diganti dgn ragi.?

Kumpulan Artikel said...

pohon cabe saya ketika pertama tumbuh daunnya banyak, subur pa...sekarang2 malah kena hama kutu putih daun jadi kering trus kayak mau mati aja

:-(pake apa yah pa obatnya yang gampang?

wicak petanitangguh said...

saya udah coba bikin, sekarang tinggal diaplikasikan ke tanaman.
makasih resepnya pak

edwin u m said...

pak sobirin...

cabr disiram mol tape atau mol hijau/hitam pak ?

tq