Monday, November 23, 2009

SOSIN DAN KOL KARUNG SUBUR MENGHIJAU

Bandung, Jl. Alfa No. 92, Cigadung II, 23 November 2009
Foto: Sobirin, 2009, Tanaman Sayur dalam Karung
Oleh: Sobirin
Sayuran sosin dan kol yang saya tanam bulan Oktober 2009 yang lalu, sekarang sudah tumbuh subur menghijau. Menjelang musim hujan bulan lalu, saya menyiapkan beberapa karung yang saya tanami benih sosin, kol, kacang merah, juga kentang. Berkat kompos dan MOL, tanaman tumbuh subur.




Musim hujan sangat membantu pertumbuhan tanaman sayur dalam karung ini. Tetapi yang menambah suburnya tanaman adalah media yang saya gunakan, yaitu tanah dicampur kompos buatan sendiri. Perbandingan tanah dan kompos yang saya pakai yaitu 1 bagian tanah dicampur rata dengan 1 bagian kompos. Karung yang saya pakai adalah karung bekas wadah beras. Setiap 3 hari sekali media tanaman ini saya siram dengan MOL jenis tapai (peuyeum) yang juga saya buat sendiri. Hasilnya sungguh menakjubkan. Pertanian rumah tangga kalau dijadikan hobby memang banyak mendatangkan keuntungan.

2 comments:

isiwaktu said...

saya juga menanam sawi hijau tapi kok ya kurus dan enggak semenarik punya pak sob, hiks... memang akhir2 ini saya malas bikin mol pak, biarpun cuma mol tape tanpa tambahan apapun

ruri andayani said...

Keren-keren sayurannya. Saya juga hobi bertanam sayuran di rumah. Tapi gak ngerti menggunakan media yang bagus. Taunya paling cuma pupuk kotoran kabing yang dibeli di Cihideung.Udah gitu, cari bibitnya susah (??). Kalo beli di semacam ace hardware, muahal. Beli berbagai bibit sayuran secara eceran yang murah dimana ya pak?