Tuesday, October 4, 2011

PANEN SELADA BOKOR ORGANIK DALAM POT

Bandung, Jl. Alfa No. 92, Cigadung II, 05 Oktober 2011
Foto: Sobirin, 2011, Panen Selada Bokor

Oleh: Sobirin

Selada bokor yang ditanam dalam pot sudah bisa dipanen ketika tanaman berumur 2 bulan. Media tanam yang saya gunakan berupa tanah pekarangan dicampur kompos buatan sendiri, perbandingan 1:1. Awalnya benih selada bokor disemai dulu di tempat penyemaian, setelah setinggi 5 cm dipindahkan dalam pot.



Pot di letakkan di tempat yang aga rindang, dengan pencahayaan matahari tidak terlalu menyengat. Penyiraman dilakukan setiap sore hari, dicampur dengan MoL encer sekali.

Pemeliharaan cukup mudah. Tanah setiap saat diaduk pelan-pelan (didangir), hati-hati jangan sampai mengenai akar tanaman. Bila tumbuh rumput atau tanaman liar di pot, langsung saja dicabut. Tanah yang telah tercampur kompos sangat baik untuk pertumbuhan selada bokor.

Selada bokor organik tumbuh segar, hijau muda, baik untuk bahan membuat gado-gado.

2 comments:

acan said...

selamat sore pak sobirin.jika kita gunakan bambu yg diletakkan posisi tidur,diameter 10cm.isi tanah dan bagian atas dibuat lobang dgn jrk tertentu utk menanam sawi.apakah cara tsb bisa hslkan sawi yg bagus?

Jasa Order Prodirectsoccer said...

sngat inspiratif pak..
saya rencana ingin membuat selada bokor pada pipa paralon sepanjang 5 m, karena memang panjang ini sangt ideal untuk pekarangan saya..

menurt bpak brp jarak pertanaman yg perlu saya atur agar selada bokr bisa tumbuh ideal.

mohon infromasinya


Prodirectsoccer Indonesia
Toko Online Sepatu Futsal dan Bola Original