Monday, August 25, 2008

TABLOID NOVA SEMANGAT BER-ZEROWASTE

NOVA, No.1070/XXI edisi 25-31 Agustus 2008
Foto: Halaman Cover NOVA, Bonus Kompos Praktis


Oleh: Sobirin

Tabloid NOVA memang untuk wanita yang kreatif dan ekologis. Edisi 25-31 Agustus 2008 menghadiahi bonus 8 halaman cara praktis membuat MOL dan kompos dengan model www.clearwaste.blogspot.com yang dirangkum oleh Laili Damayanti, Nove Noverita K.Waldan, dibantu Fadoli Barbathully.



Tulisan pertama berjudul ‘Ayo Bikin Kompos’ oleh Laili Dimyati menekankan sasaran ‘gerakan zerowaste’. Dikatakan bahwa kesadaran untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih adalah mutlak harus dimiliki setiap orang, seperti yang selalu dihimbau oleh www.clearwaste.blogspot.com dalam artikel-artikelnya.


Tulisan kedua berjudul ‘Ragam MOL Aroma Buah’ ditulis oleh Nove tentang bermacam-macam cara membuat MOL atau Mikro Organisme Lokal untuk starter pengomposan dan juga bisa berfungsi untuk pupuk cair. Bermacam MOL yang dirangkum Nove dari www.clearwaste.blogspot.com adalah: MOL tapai, MOL tapai nenas, MOL nasi basi, MOL sampah rumah tangga, MOL rebung, MOL bonggol pisang, dan MOL keong.


Tulisan ketiga berjudul ‘Kompos Dalam Karung’ ditulis oleh Nove Noverita K. Waldan yaitu cara membuat kompos yang dimasukkan ke dalam karung, terutama bagi rumah yang halamannya sempit.

Nove juga menulis tentang ‘Sayur Subur Pakai MOL’, ada bayam, kangkung, papaya, tomat yang tumbuh subur di halaman rumah www.clearwaste.blogspot.com berkat disiram MOL yang telah diencerkan. Pengenceran MOL untuk pupuk cair ini menggunakan air, dengan perbandingan 1 bagian MOL ditambah 15 bagian air.


Semoga NOVA sukses menyebar-luaskan ‘gerakan zerowaste’.

3 comments:

Diah Utami said...

Salam kenal, pak Sobirin. Senang sekali bisa 'menemukan' blog bapak via tabloid Nova. Saya ingin belajar banyak tentang pengolahan limbah, insya Allah mulai dari rumah tangga dulu. Saya akan sering-sering berkunjung ke blog bapak sementara ini untuk belajar.

wie-nur said...

Salam kenal, Pak Sob, setelah baca artikel Bpk di Nova, saya jadi tertarik untuk bikin Mol n kompos sendiri. Saya coba bikin di karung, tapi karungnya cuma 1 sementara sampahkan ada terus tiap hari. Apa saya perlu bikin satu karung lagi? Apakah tiap pembuatan kompos harus disiram MOL? Thank you banget Pak

Rasya Imut said...

Pak sobirin aku mau tanya. Mol nasi basinya bs disimpan berapa lama. Soalnya saya sudah buat tp kebanyakan. Klo warna mol lama kelamaan apa bs tambah kruh. Yany tadinya warna agak putih jd orange.