Thursday, February 5, 2009

PESTISIDA ALAMI: DAUN PAPAYA

Bandung, Jl. Alfa No. 92, Cigadung II, 6 Februari 2009
Foto: http://www.photoatlas.com, Daun Papaya
Oleh: Sobirin

Daun papaya bisa dimanfaatkan untuk dibuat menjadi pestisida alami untuk memberantas hama serangga yang mengancam tanaman kita. Pestisida alami buatan sendiri sebaiknya kita coba sebagai sistem pengendalian hama di pertanian rumah tangga kita. Caranya?



Ambil daun papaya sebanyak kurang lebih 1 (satu) kilogram, atau kira-kira sekitar 1 (satu) kantong plastik kresek besar. Lalu dilumatkan (bisa diblender) dan dicampurkan dalam 1 (satu) liter air, kemudian dibiarkan selama kurang lebih 1 (satu) jam. Langkah berikutnya disaring, lalu ke dalam cairan daun papaya hasil saringan ditambahkan lagi 4 (empat) liter air dan 1 (satu) sendok besar sabun.

Ampas lumatan daun papaya bisa dimasukkan ke dalam komposter untuk tambahan bahan kompos. Cairan air papaya dan sabun sudah dapat digunakan sebagai pestisida alami.

Semprotkan cairan ini pada hama-hama yang mengganggu tanaman kita.
Semprotan pestisida air papaya dan sabun ini dapat membasmi aphid (kutu daun), rayap, hama-hama ukuran kecil lainnya, termasuk ulat bulu.

Sebagai catatan, pestisida alami ini hanya digunakan bila diperlukan. Jangan menyemprotkan pestisida alami ini bila tidak terdapat hama pada tanaman kita. Biarkan tanaman itu sendiri menangkal hama secara alami.


Referensi:
Yayasan IDEP. 2006. Buku Panduan untuk Permakultur Menuju Hidup Lestari. IDEP Foundation - www.idepfoundation.org. ISBN: 979-15305-0-5.

7 comments:

Christine said...

Pak, berapa lama pestisida ini bisa disimpan? Kan pemakaiannya sedikit sekali padahal sekali buat jadinya banyak... Trims

Mr. Sob Zerowaste said...

Hallo X,
Saya blm tahu efektifnya brp lama, saya sdng menelitinya. Sementara nyimpennya tdk saya tutup. X juga nyoba deh.
salam: sob

Christine said...

Saya pernah coba dari campuran bawang putih dan cabe. Caranya sama, cuma setelah diblender ramuannya direbus baru diendapkan dan dicampur sabun. Pestisida ini cukup bagus buat larva kepik di pohon terong dan semut hitam yg mangkal di akar padi. Daya simpannya tidak terlalu lama, mungkin sebulan setelah itu cairan berbau busuk dan saat disemprotkan malah mengundang banyak lalat.

Mr. Sob Zerowaste said...

X,
Bagus nih, macem2 pestisida. Gak apa2 daya simpan tidak lama. Sisa-nya masukkan saja ke komposter anaerob lubang tanah...salam: sob

Shopping at Ammelie's said...

Pak, sabunnya sabun jenis apa ya? Kenapa pake sabun?

OJT_inalum II09 said...

pak, saya mau bertanya..jenis sabunnya detergen atau yang batangan??
apa semua jenis sabun bisa??

duitcuma-cuma said...

kalo pakai sabun sudah gak organik lagi donk pak...kan tercampur kimia tu...