Thursday, April 2, 2009

CITA-CITA MENANAM POHON MLINJO TERLAKSANA

Bandung, Jl. Alfa No. 92, Cigadung II, 2 April 2009
Foto: Sobirin, 2009, Pohon Mlinjo Umur 1 Tahun

Oleh: Sobirin

Ingin sekali saya memiliki pohon mlinjo di halaman rumah. Lama keinginan itu baru terlaksana, sampai suatu ketika saya mendapat bibit mlinjo dari seorang Hansip di kampung saya. Semula bibit ini kecil kurus dalam polibag plastik kecil. Sekarang setelah 1 tahun tumbuh subur.




Bibit mlinjo ini saya tanam di lubang bekas anaerob. Lubang saya isi dengan kompos dan tanah, dengan ukuran campuran kompos 2 bagian dan tanah 1 bagian. Penyiraman dengan MOL di lakukan 3 hari sekali. MOL-nya diencerkan dengan ukuran 1 bagian MOL dicampur 15 bagian air.

Sekarang setelah berumur 1 tahun, tingginya mencapai 1 meter lebih, tumbuh subur dengan daunnya cukup lebat. Tidak tahu kapan bisa mulai berbunga dan berbuah. Cita-cita memiliki pohon mlinjo di halaman rumah telah terlaksana. Moga-moga bisa secepatnya menghasilkan.


Pohon mlinjo memang banyak sekali manfaatnya. Daunnya bisa untuk sayur asem. Bunganya bisa untuk sayur lodeh. Buahnya bisa untuk emping, dan macam-macam lainnya.

2 comments:

ahliahindra@gmail.com said...

setahu saya pohon mlinjo ada dua jenis pak, jenis betina hanya mengeluarkan daunnya yang cantik dan lebar (biasa untuk sayur asem, lodeh) yang jantan daunnya kecil tapi keluar buah mlinjonya. nuhun pak

sobirinsobirin@gmail.com said...

Waah, moga2 saya punya yang bisa berbuah mlinjo ya.... Seperti pohon kelengkeng ya, ada yg berbah ada yg tidak. Trims infonya