Friday, January 15, 2010

PANEN TANAMAN SEMUSIM DALAM KARUNG

Bandung, Jl. Alfa No. 92, Cigadung II, 16 Januari 2010
Foto: Sobirin, 2010, Tanaman Kol Siap Panen

Oleh: Sobirin

Tanaman semusim, antara lain sosin dan kol, yang saya tanam dalam karung di bulan Oktober 2009, sudah saya panen di awal Januari 2010. Hasilnya memuaskan, karena dirawat seksama, media kompos dan tanah seimbang, MOL cukup, apalagi sedang musim hujan, jadi situasinya lebih menunjang.





Sebagian tanaman sosin, saya biarkan sampai berbunga dan berbuah, diambil bijinya untuk benih. Sedangkan kol saya panen, lumayan untuk sayur sop dan lalab. Memang beli di pasar juga bisa, kapan saja, tetapi panen sayur dari tanaman pertanian rumah tangga lain rasanya. Ada kepuasan yang tidak dapat dinilai dengan uang.

Perawatan tanaman semusim ini tidak sulit. Setelah media kita siapkan dalam karung, yaitu campuran seimbang antara tanah dan kompos, maka benih kita tebarkan. Ketika berkecambah, kita pilih yang sehat untuk terus dipelihara. MOL encer disiramkan di media. Tanaman akan terus bertumbuh. Rumput-rumput liar yang ikut tumbuh, segera dicabut. Tanah dikorek-korek perlahan agar udara masuk, hati-hati jangan sampai mengenai akar tanaman.

Demikian seterusnya perawatan dilakukan secara seksama, sampai akhirnya tanaman siap panen, kurang lebih 2,5 bulan hingga 3 bulan. Situasi musim hujan juga sangat mendukung, karena tidak perlu menyiram dengan air, cukup MOL saja.


Sayang sekali, karung beras yang dipakai sebagai wadah media, terlihat mulai melapuk pada umur 2 bulan, ketika itu tanaman belum siap panen. Sebaiknya wadah menggunakan polibeg plastik, atau kaleng bekas, ember bekas saja.

6 comments:

dunia kecil mas ilool said...

Terimaksih Pak.. sy sudah mencoba nanam padi dalam pot 2 tahun blakangan ini, (sebagai bahan kegiatan pendidikan lingkungan hidup)di tahun pertama masih kurang bagus hasilnya, Alhamdulillah skarang sedang proses berbuah.. mohon trus beri masukan kami di: http://www.ilool.blogspot.com/, insyAlloh tahun depan kami nyoba sayuran semusim tuh... terimaksih atas info dan inspirasinya...

sobirinsobirin@gmail.com said...

selamat utk padinya, 1 butir benih bisa menjadi 100 anakan padi, hasil panen 5 ons gabah

Abuyasmin said...

Blog yang sangat bagus. Saya dapat ilmu yang banyak dari blog ini. Buat rekan2 pecinta lingkungan, alangkah bagusnya kalau kita bisa bikin group melalui yahoogroup atau yang lain biar kita bisa lebih intens dalam berinteraksi...

TheCedarta-08151643216 said...

pak, tanaman kol bisa tidak ditanam didaerah Ciputat? tks

Aidit said...

info yg b'manfaat, pak. Terima kasih.

Sabastian Yalpur said...

salam pak....sy senang sekali baca blog bapak n kok ya baru nemu...sy tdk punya pengalaman apa2 soal bercocok tanam tp sy ingin sekali punya urban farming...sy sdh berusaha menanam tanaman herbs (rosemary, basil, corriander, dll)dlm pot, tp selalu gagal...mhn pencerahannya pak...thx.