Tuesday, August 14, 2007

BUDAYA JOROK DAN EGOIS

Bandung, Jl. Alfa No. 92 Cigadung II, 14 Agustus 2007
Foto: Sobirin 2007, Buang Sampah Sembarangan
Oleh: Sobirin

Manakala kita sedang gencar-gencarnya mempromosikan rumah “zero waste”, rumah tanpa sampah, sampah rumah tangga tidak dibuang keluar rumah, masih ada juga orang yang tega membuang sampah sembarangan.



Coba kita amati perilaku warga Kota Bandung, banyak yang membuang sampah rumahnya di malam hari, dibungkus dengan kantong plastik keresek, lalu dibuang dimana saja. Mereka ini penganut faham NIMBY, "not in my backyard". Buang saja sampah dimana saja, asal tidak dihalaman rumah sendiri. Itu kata mereka si jorok, si egois! Lihat fotonya, saya foto malam hari tanggal 14 Agustus 2007 di depan rumah saya! Enak saja membuang sampah di jalan depan rumah saya.


Banyak lagi warga elit yang naik mobil mewah (juga para tetamu dari luar kota), yang dengan sembarangan membuang sampah dari dalam mobilnya. Orang kaya tapi berbudaya rendahan!


Saya amati masih 90% atau lebih warga Kota Bandung yang tidak bermartabat. Padahal BERMARTABAT adalah motto Kota Bandung, Bersih-Taat-Makmur-Bersahabat. Mana bisa Kota Bandung bisa mencapai visi: “Menjadi Kota Jasa yang Bermartabat” kalau sebagian besar warganya masih berbudaya jorok dan egois!


Sebaliknya, warga yang jumlahnya kurang dari 10% yang katanya telah mampu memproses sampah rumah tangganya sendiri dan tidak membuang sampah rumah keluar rumah, ternyata harus lebih giat lagi meningkatkan sosialisasi, komunikasi dan dialog agar para warga lainnya menjadi berbudaya bersih. Pokoknya jangan bosan-bosan deh!


Bener-bener kebangeten itu orang, seperti kuda saja, buang kotoran sembarangan! Sebel pisan saya! Mari kita ajak mereka yang jorok dan egois ini untuk menjadi sadar dan berbudaya hidup bersih. Demi Kota Bandung kita tercinta!

No comments: