Sunday, March 23, 2008

PIPA BESI BEKAS UNTUK RAK POT TANAMAN PERCOBAAN

Bandung, Jl. Alfa No. 92, Cigadung II, 23 Maret 2008
Foto: Sobirin 2008, Rak Tanaman dari Pipa Besi Bekas
Oleh: Sobirin
Kalau melihat fotonya, rak pot tanaman dari pipa besi bekas sepertinya barang mewah dan mahal. Pada hal saya mengumpulkan pipa-pipa besi bekas, ada yang panjang ada yang pendek. Proses pengumpulan cukup lama, karena mencari yang gratisan. Setelah didesain, kemudian memanggil tukang las.


Gambar desain saya coba corat-coret, lalu saya berunding dengan tukang las, apa bisa atau tidak, karena pipa besinya ada yang pendek-pendek dan ukurannyapun berbeda-beda.
Tukang las mengatakan bisa saja, yang penting ongkosnya cocok.

Nah di sini saya agak merasa grogi tawar-menawarnya. Terlalu mahal, saya tidak punya anggaran besar. Sebaliknya terlalu murah kasihan kepada tuang las, karena pekerjaan ini merupakan mata pencahariannya.


Setelah terjadi tawar-menawar, didasarkan pada banyaknya karbit yang akan terpakai, maka jatuhlah kesepakatan biaya untuk memotong, mengelas sebesar Rp 250.000,- ditambah dengan makan minum dan snack.


Akhirnya setelah selesai, bentuknya sesuai gambar, tetapi tidak terbayangkan rak ini besar juga. Kemudian rak dicat hitam, jadinya bagus, tidak menyangka dari pipa besi bekas macam-macam.


Rak ini saya isi dengan pot-pot tanaman percobaan, menggunakan kompos dan MOL buatan sendiri. Posisi pot di halaman yang terkena sinar matahari, supaya tanaman bebas berfotosintesa.

1 comment:

TheCedarta-08151643216 said...

boleh minta sketsanya pak..saya mau contoh