Saturday, March 29, 2008

POT CHRISTINE YANG DAPAT TERURAI

www.myblog-christine-christine.blogspot.com, 29 Maret 2008
Foto: Christine 2008, Pot Semai Ramah Lingkungan

Oleh: Christine
Wadah pembibitan bisa bermacam-macam. Yang umum digunakan adalah gelas bekas air mineral, polybag kecil dan pot plastik ukuran kecil. Di beberapa situs, aku menemukan wadah pembibitan yang terbuat dari bahan yang dapat terurai, sehingga bisa ikut ditanam ketika ……..



Jika kita ingin menanam cabe atau apa saja yang berbiji kecil, pertama kali biji-biji tersebut harus disemaikan terlebih dahulu. Setelah bertunas dan tumbuh beberapa daun, bibit tanaman ini perlu dipindahkan ke wadah yang lebih besar agar bisa tumbuh optimal.

Wadah pembibitan bisa bermacam-macam. Yang umum digunakan adalah gelas bekas air mineral, polybag kecil dan pot plastik ukuran kecil. Beberapa waktu yang lalu, di beberapa situs, aku menemukan wadah pembibitan yang terbuat dari bahan yang dapat terurai, sehingga bisa ikut ditanam ketika tanaman harus dipindahkan ke wadah yang lebih besar.


Aku lalu mencoba membuat pot pembibitan yang ramah lingkungan ini dengan bahan-bahan yang ada disekitar, yaitu daun dan kertas.


Untuk pot daun aku pakai daun pisang, janur, kulit jagung dan beberapa daun yang aku tidak tahu namanya. Pembuatannya cukup mudah, daun hanya dibentuk seperti mangkuk atau ‘takir’ atau bisa juga hanya sekedar digulung seperti bentuk lontong dan ujungnya disemat dengan lidi.

Untuk pot kertas aku pakai kertas koran, kertas yang paling mudah didapatkan. Pembuatannya juga simpel, kertas koran dilipat bentuk takir, atau digulung saja dan ujungnya direkatkan dengan lem kanji atau nasi.

Cara yang sedikit lebih rumit adalah dengan bubur kertas.

Pertama: Kertas Koran disobek kecil-kecil, direndam 1-3 hari hingga lunak.

Kedua: Diblender atau disobek-sobek lagi hingga hancur.

Ketiga: Ambil gelas plastik bekas air mineral, cetak bubur kertas tadi di bagian luar gelas, cukup setengah tinggi gelas saja. Bagian pantat gelas jangan ditutup rapat, sisakan sedikit lubang untuk lubang pot.
Keempat: Jemur cetakan pot kertas dibawah terik matahari hingga kering

Kelima: Lepaskan pot kertas dari gelas plastik. Pot kertas siap digunakan.


Tidak sulit kan…. Pot kertas ini bentuknya unik, cantik dan cukup kuat asal saat menyiram tanaman tidak sampai basah kuyup, cukup lembab-lembab saja.


Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana dengan “kadar organiknya”? Apakah tanaman yang ditanam bersama wadahnya masih dapat disebut sebagai tanaman organik? Kalau pot daun sudah jelas organik, tapi bagaimana dengan pot kertas? Apakah masih organik juga? Seorang teman mengatakan, masih bisa disebut tanaman organik jika lapisan kertasnya tipis dan tidak menggunakan lem.

Pot kertas yang aku buat memang tidak menggunakan lem, tapi jika ingin menggunakan lem agar lebih kuat, mungkin bisa pakai lem kanji. Lem kanji ini dapat dibuat sendiri dengan mencampur tepung kanji dengan air lalu dimasak hingga kental.

Ada pendapat lain........?

2 comments:

scientist said...

yuwie... dapat dolarr dapat teman... apalagi coba?




Masih ingat gak 3 - 4 tahun yang lalu rame2 saling ngajak untuk join Friendster.
Di hampir semua milis yg aku ikutin pada seru saling ngajak untuk join dan saling add.
Kemudian muncul Multiply tapi waktu muncul gak gitu rame. Pada dapet invitation untuk join tapi gak semua orang mau.
Itu duluwwwww saat MP belon ngetop, sekarang?
Siapa sih yg gak punya account MP hare geneeee?
Yg dulu ogah main di MP skarang pada join . Yg dulu teman2 di blogger/ blogspot dan wordpress gak mau join MP krn (dulu) dedengkotnya blogger bilang MP itu bukan blog. Saat itu para Blogger banyak yg nunut himbauan ini dan ogah join MP. Tapi orang2 tsb sekarang pada join juga, bahkan sang dedengkot blogger punya akun jg di MP.



Trend baru di pertengahan tahun 2007: Yuwie.
Yuwie ini formatnya sama dengan myspace dan friendster. Bedanya ikut Yuwie bisa dapet duit.
Gimana bisa?
Sama halnya dgn friendster, MP, myspace dll di webpagenya khan muncul iklan2 baik iklan google adsense, adbrite dan iklan lainnya. Nah duit hasil iklan2 itu sebagian buat yg punya Yuwie, sbgn lagi dibagi ke member Yuwie. Pembagian duitnya berdasarkan page views. Semakin tinggi page views smakin byk persentase duit yg dibagi ke member. Page view ini terhitung saat :
* kita maupun orang lain membuka site kita,
* kita maupun orang lain melihat blog kita
* kita maupun orang lain melihat photo2 kita yg di set utk publik (ada jg photo yg di set utk private saja),
* kita maupun orang lain melihat Yuwie layout (hasil kreasi kita) yang kita share.
* kita maupun orang lain melihat contact / teman2 kita
* kita melakukan kegiatan2 upload photo, upload blog, mengirimkan pesan (pm) ke contact / teman lain, menulis komentar, melakukan rating profile teman lain, dll.

PEMBAYARAN : ada 2 pilihan yaitu lewat paypal atau menerima check (sistemnya sama dengan yg dipakai oleh google adsense, GAK ADA NANYA ACCOUNT KITA, GAK ADA NANYA DATA KARTU KREDIT)

Gak pengen duit? Iya gak papa, tetap ikutan aja buat fun.
Sangsi apa bener Yuwie bakal bayar ato gak?
* Menurut aku jika Yuwie gak bayar berarti yg rugi adalah Yuwie sendiri, krn jika member gak percaya lagi dengan Yuwie akibat gak dibayar maka Yuwie akan segera mati suri hehehe. Untuk apa juga Yuwie owner merintis Yuwie dengan pertumbuhan yang sangat pesat (rata2 1000 s/d 2500 member yg bergabung tiap hari) dan membiarkannya tewas dengan sukses karena ingkar janji?

* Scenario paling buruk Yuwie gak bayar menurut aku itupun gak masalah, tetap OK untuk join Yuwie toh waktu kita join MP, friendster, dll kita gak nanya ini kita dibayar ato gak ya? ya khan ? Jadi kenapa gak dicoba, toh GRATIS ini.

Aku baru main Yuwie 4 mingguan sekarang ketagihan. Kenapa?
Yg main di Yuwie dari ragam tingkat umur dari abg sampe kakek nenek. Aku ketemu seorg nenek udah tua (ye iyelah, namanya juga nenek heheheh), baru kenal internet tapi semangat gaulnya tinggi jek. Terus komunitasnya multicultural banget. Ada suasana berbeda dengan yg ada di Multiply maupun blogspot. Baru main 4 mingguan temenku udah 1100 orang. Yang aku liat orang Indonesianya banyakan dari orang2 yang main di friendster, yang dari multiply baru dikitttttttt banget bisa diitung dgn jari.

Pengen ikutan ? Ikuti langkah berikut :
* Klik di sini (http://ww4.yuwie.com/yuwie.asp?r=517529)
* page yg kebuka setelah klik ada org yg jelaskan how Yuwie works, penjelasan tentang Yuwie. Dengarkan saja atau kalo mau langsung ya klik sign up* setelah klik sign up, kebuka page dgn form, isi form dgn lengkap, jangan lupa centang kotak "I accept Yuwie term of service and privacy policy", Untuk 5 digit zip code isi aja dengan kode post.Setelah data lengkap terus klik next.

* page yg kebuka berikutnya ada kata kira2 gini : You Were Referred By: yori vt This can not be changed!!! Make sure it is correct!!! bla bla bla .... cek semua data yg sdh diisi, kalo bener datanya klik next, kalo salah dikoreksi. Di page yg ada itu jangan lupa isi verify chararters di kotak yg tersedia (sebaiknya klik dulu kata2 "If you are visually impaired, click here to hear the characters spoken) Dengarkan huruf2 yang disebutkan terus isi hurufnya di kotak yang tersedia. Klik Next. Sdh akan muncul Congratulations bla2 terus silakan upload photo utk jadi headshot.

* Yuwie akan mengirimkan imel ke alamat imel yg dipakai utk mendaftar. Buka imel tsb dan klik link yg diberikan untuk mengaktifkan account. Selanjutnya bisa invite teman, ganti layout, ngisi blog, photo, dll.

* Klik control panel, terus klik settings (tanda atur settingan profile untuk public, terus bisa terima comment dari public, dll. Silakan diliat kalo ada yg gak jelas silakan tanyakan.
Selamat bergaul sambil menghasilkan dollar, salam sukses !!!

Kazilar said...

See please here