Friday, May 23, 2008

STROBERI ORGANIK MANIS ASEM WANGI

Bandung, Jl. Alfa No. 92, Cigadung II, 24 Mei 2008
Foto: Sobirin 2008, Stroberi Pot Organik Berbuah
Oleh: Sobirin
Bibit tanaman stroberi yang saya tanam di pot telah berbuah. Buahnya bagus, rasanya asem manis dan baunya wangi khas, dan yang jelas adalah organik. Dua bulan yang lalu Henry Syarifuddin, pengusaha muda, yang juga pengusaha jaringan internet, memberi sekitar 10 polibeg bibit stroberi muda.


Stroberi ini saya tanam di pot dengan media tanah 1 bagian dan kompos buatan sendiri 2 bagian. Tiap hari di siram MOL tapai, permukaan tanah diaduk pelan-pelan, rumput-rumput liar dicabuti.

Jadi petani rumah tangga memang asyik, harus sabar dalam merawat tanaman. Tetapi yang utama adalah rumah kita mampu memproses sampah rumah tangga kita. Reduce, reuse, recycle atau 3R perlu kita praktekkan agar rumah menjadi “zerowaste”. Tidak membuang sampah ke luar rumah.


Kalau kompos dan MOL sudah berhasil kita buat, maka tahap berikutnya adalah bertani rumah tangga atau “agrohome”. Ada nilai tambah setelah rumah kita menjadi “zerowaste”.


Kembali ke buah stroberi organik tanaman saya, baunya wangi dan terus menempel di tangan, segar......! Ada yang tertarik menjadi petani rumah tangga?

No comments: