Monday, May 26, 2008

CREW NOVA MENDALAMI ZEROWASTE DAN PADI EMBER

Bandung, Jl. Alfa No. 92, Cigadung II, 27 Mei 2008
Foto: Sobirin 2008, Crew NOVA Serius dalam Ceramah Zerowaste


Oleh: Sobirin

Edwin dan Andri, wartawan Nova, pernah ke rumah saya meliput zerowaste, kompos rumahan dan padi ember. Rupanya Edwin dan crew Nova ingin lebih mendalami zerowaste dan padi ember ini. Atas undangan Nova melalui Edwin, saya ke Jakarta mendongeng zerowaste dan padi ember.





Senin, 26 Mei 2008, saya ke Jakarta ditemani Mubiar Purwasasmita, seorang doktor ITB jurusan Kimia Teknik yang menekuni bidang proses dalam bertani secara seksama. Saya mendongeng tentang konsep zerowaste, sampah rumah tangga yang diproses menjadi kompos, dan cara menanam padi ember. Mubiar bercerita tentang teori tanah dan kompos adalah bioreaktor, reaktor hidup alami, yang tidak memerlukan tambahan pupuk kimia.


Hadir sekitar 50 orang crew Tabloid Nova di ruang auditorium Nova, di antaranya ada Evy, Krisna, Edwin, Andri dan lain-lain tokoh Nova. Sebagai moderator ceramah ditunjuk Astrid, salah seorang crew Nova. Mereka serius mendengar ceramah mengenai pemrosesan sampah rumah supaya tidak di buang ke luar rumah, tetapi diubah menjadi barang bermanfaat, dikembangkan lebih jauh untuk pertanian rumah tangga atau “agrohome”.


Ceramah yang interaktif ini berjalan selama 2 jam. Banyak pertanyaan menarik disampaikan oleh Nova, misalnya: apakah kompos yang dihasilkan perlu ditambah tanah bila akan dimanfaatkan, berapa hasil padi ember dan bagaimana cara menggilingnya menjadi beras, apakah beras dari padi ember organik lebih enak daripada beras biasa, tanaman apa yang paling baik untuk pertanian rumah tangga, dan lain-lainnya.


Saya mengusulkan agar Nova bisa menyelenggarakan perlombaan padi ember antar ibu-ibu rumah tangga, juga festival stroberi rumah tangga. Kalau acara tersebut bisa diselenggarakan pas hari-hari peringatan misalnya tanggal 17 Agustus, mungkin akan lebih mengairahkan masyarakat untuk ber-zerowaste.

1 comment:

cak said...

Nantikan saja nanti pak, 4-5 bulan ke depan. Crew NOVa dah pada panen padi :))