Thursday, April 2, 2009

POHON PINANG DARI GARUT

Bandung, Jl. Alfa No. 92, Cigadung II, 2 April 2009
Foto: Sobirin, 2009, Pohon Pinang Umur 4 Tahun
Oleh: Sobirin

Kurang lebih 4 tahun yang lalu, teman saya dari Garut memberi saya sebutir biji pinang (jambe) yang mulai tumbuh berkecambah. Biji pinang tadi saya tanam di halaman rumah dengan media kompos dan selalu di MOL encer. Bibit pinang sekarang tumbuh menjadi pohon pinang.





Pohon pinang ini telah memiliki 8 ruas, total tinggi lebih dari 2 meter dari bawah sampai daun. Rupanya ruas-ruas pohon pinang ini bisa untuk mengetahui umur pohon tersebut. Satu ruas kurang lebih sama dengan 6 bulan, jadi 8 ruas kira-kira 48 bulan atau 4 tahun. Tiap ruas panjangnya sekitar 15 cm.

Bisa dibayangkan berapa umur pohon pinang yang ditebang untuk acara panjat pinang setiap tanggal 17 Agustus. Paling tidak, pohon yang ditebang untuk acara 17 Agustus itu berumur 15 tahun.

Pohon pinang memang bukan hanya untuk panjat pinang saja, tapi bisa untuk keperluan lain yang lebih bermanfaat. Misalnya kayunya untuk tiang-tiang rumah, buahnya jsangat bermanfaat untuk obat-obatan, dan lain sebagainya.

1 comment:

dung_dung said...

pak mau tanya, akar pohon pinang nya kalau sudah besar apakah bisa merusak pondasi rumah ? sebab di depan kamar ku ada taman dengan pohon pinang 1 buah yang tingginya sudah 4 meter an, katanya makin besar nanti akarnya akan bisa naik dan menganggkat ubin..apakah hal ini benar adanya ?
tq