Thursday, July 16, 2009

TOMAT RANTI DI TONG MULAI BERBUAH

Bandung, Jl. Alfa No. 92, Cigadung II, 17 Juli 2009
Foto: Sobirin, 2009, Tomat Ranti, Tomat Cherry

Oleh: Sobirin

Ukuran buah tomat ranti atau tomat cherry kecil-kecil. Sebesar buah anggur atau buah lengkeng. Buahnya mengelompok banyak. Saya menanamnya di dalam tong. Media tanamnya adalah tanah 2 bagian ditambah kompos buatan sendiri 1 bagian. Tiap 3 hari di beri pupuk cair MOL hijau.





Sewaktu saya masih kecil di kampung, tomat ranti ini banyak sekali ditemukan di kebun-kebun pekarangan sekitar rumah. Rasanya sama dengan tomat biasa, hanya kulitnya lebih tipis. Sekarang mencari tomat ranti di pasar tradisional di Bandung sangat sulit. Adanya di super market atau di toko buah elit.

Saya membeli tomat ranti untuk benih di toko buah Total. Lalu buah diambil biji-bijinya di jemur, kemudian di semai. Setelah menjadi kecambah dan berumur sekitar 10 hari telah cukup kuat untuk dipindah ke dalam media tanam.

Saya menggunakan tong besar untuk menanam tomat ini, dan 3 hari sekali disiram dengan pupuk cair atau MOL hijau.
Setelah berumur 1,5 bulan tanaman tomat ranti ini tumbuh kuat dan mulai berbunga. Sekarang buah-buahnya telah muncul. Banyak sekali. Kurang dari 1 bulan mendatang sudah bisa dipanen.

2 comments:

Shopping at Ammelie's said...

Pak, fotonya bikin yang lebih kelihatan lagi dong...

Syafrudin said...

Pak Sobirin,

Blog ini kan punya peran sebagai sumber belajar.

Untuk itu ada baiknya ditambahkan tautan untuk belajar lebih lanjut. Misalnya untuk tulisan di atas, ternyata saya jadi ingin tahu lebih lanjut tentang tanaman itu. Kalau ada tambahan tautan ke halaman Tomat Ranti di Wikipedia (en.wikipedia.org/wiki/Cherry_tomato), saya jadi tinggal tekan tautannya saja.

Hal lain,
selama mengikuti blog ini, saya rasa banyak pembaca yang tertarik berkunjung ke Alfa 92 (termasuk saya tentunya).
Untuk itu di atas blog saya usul ada tautan ke tulisan tentang tata cara dan jam kunjung, lebih bagus lagi disertai peta, rute angkot, dan foto rumah.