Sunday, August 23, 2009

PANEN TOMAT RANTI 200 BUAH/POHON

Bandung, Jl. Alfa No. 92, Cigadung II, 22 Agustus 2009
Foto: Sobirin, 2009, Panen Tomat Ranti, Tomat Cherry
Oleh: Sobirin
Setelah 2,5 bulan berlalu sejak benih tomat ranti disemai, maka tanaman ini telah bisa dipanen. Pemeliharaannya dengan pupuk organik cair encer. Dalam satu pohon banyak sekali buahnya. Ukurannya kecil-kecil, ada sekitar 150 buah lebih. Warnanya merah seperti tomat biasa, rasanya asam segar.




Tomat ranti atau tomat cherry ini mudah ditanamnya. Benih disemai dulu, kira-kira setelah tumbuh 10 hari, setelah anakan tomat rantai ini cukup kuat, maka dipindah, bisa di tanah langsung atau di dalam pot atau ember bekas. Medianya menggunakan tanah 2 bagian dicampur kompos 1 bagian. Setiap 3 hari sekali disiram dengan pupuk organik cair yang telah diencerkan.

Bunga-bunga tomat ranti mulai muncul ketika umur tanaman kurang lebih 1 sampai 1,5 bulan, kemudian muncul buah-buah berwarna hijau. Kurang lebih setelah tanaman berumur 2,5 sampai 3 bulan buah tomat berwarna merah dan siap dipanen. Dalam 1 pohon buahnya mencapai 200 buah tomat kecil-kecil, seukuran buang lengkeng. Rasanya enak, asam segar.

2 comments:

forex tradingku said...

Yth, Pak Sob,

Kenapa ya Pak koq MOL peyeum campuran terasi menggunakan air kali ,koq bau setelah ditinggal 2 hari pulang kampung. Apa karena dititip kae sabut kelapa? MOL yang saya buat ditaruh dalam jerigen warna putih.

Mohon pencerahannya

Hormat saya,
Agis

isiwaktu said...

pak, pohon tomat saya (tomat biasa sih)lagi berbunga, tpi kenapa ya daun-daunnya kok agak menguning gak berwarna hijau terutama daun-daun di bagian atas pohon. dan bunga2nya pada rontok? pohon tomat saya tanam di kaleng bekas cat 5 kiloan. setiap hari saya siram pake air beras sesekali pake mol yang sangat encer. mohon saran.