Sunday, August 23, 2009

PANEN TOMAT RANTI 200 BUAH/POHON

Bandung, Jl. Alfa No. 92, Cigadung II, 22 Agustus 2009
Foto: Sobirin, 2009, Panen Tomat Ranti, Tomat Cherry
Oleh: Sobirin
Setelah 2,5 bulan berlalu sejak benih tomat ranti disemai, maka tanaman ini telah bisa dipanen. Pemeliharaannya dengan pupuk organik cair encer. Dalam satu pohon banyak sekali buahnya. Ukurannya kecil-kecil, ada sekitar 150 buah lebih. Warnanya merah seperti tomat biasa, rasanya asam segar.




Tomat ranti atau tomat cherry ini mudah ditanamnya. Benih disemai dulu, kira-kira setelah tumbuh 10 hari, setelah anakan tomat rantai ini cukup kuat, maka dipindah, bisa di tanah langsung atau di dalam pot atau ember bekas. Medianya menggunakan tanah 2 bagian dicampur kompos 1 bagian. Setiap 3 hari sekali disiram dengan pupuk organik cair yang telah diencerkan.

Bunga-bunga tomat ranti mulai muncul ketika umur tanaman kurang lebih 1 sampai 1,5 bulan, kemudian muncul buah-buah berwarna hijau. Kurang lebih setelah tanaman berumur 2,5 sampai 3 bulan buah tomat berwarna merah dan siap dipanen. Dalam 1 pohon buahnya mencapai 200 buah tomat kecil-kecil, seukuran buang lengkeng. Rasanya enak, asam segar.

2 comments:

forex tradingku said...

Yth, Pak Sob,

Kenapa ya Pak koq MOL peyeum campuran terasi menggunakan air kali ,koq bau setelah ditinggal 2 hari pulang kampung. Apa karena dititip kae sabut kelapa? MOL yang saya buat ditaruh dalam jerigen warna putih.

Mohon pencerahannya

Hormat saya,
Agis

ahliahindra@gmail.com said...

pak, pohon tomat saya (tomat biasa sih)lagi berbunga, tpi kenapa ya daun-daunnya kok agak menguning gak berwarna hijau terutama daun-daun di bagian atas pohon. dan bunga2nya pada rontok? pohon tomat saya tanam di kaleng bekas cat 5 kiloan. setiap hari saya siram pake air beras sesekali pake mol yang sangat encer. mohon saran.