Wednesday, December 5, 2007

IBU-IBU FORKOM BANDUNG INGIN "ZERO WASTE"

Bandung, Jl. Alfa No. 92 Cigadung II, 5 Desember 2007
Foto: Sobirin 2007, Kunjungan Ibu-Ibu Forkom Bandung
Oleh: SOBIRIN
Saya senang sekali ketika ibu-ibu dari Forum Komunikasi (Forkom) Bandung datang meninjau cara-cara membuat kompos di rumah saya. Ibu-ibu ini dipimpin langsung oleh Ibu Kusmaeni, yang juga anggota DPRD Kota Bandung.



Sekitar jam 15.30 hari Senin tanggal 3 Desember 2007, sebanyak 15 orang ibu-ibu dari Forkom Bandung tersebut datang ke jalan Alfa 92 Bandung menggunakan bus kecil. Semua serius mendengarkan penjelasan dari saya dan pak Endut (asisten kompos saya).

Cara memilah-milah kompos yang anorganik dan anorganik, cara membuat mikro organisme lokal (MOL) sebagai starter kompos dan pupuk cair, cara mencacag bahan kompos daun hijau dan daun kering menjadi kecil-kecil, cara mencampur bahan kompos dengan MOL, semuanya dicatat oleh ibu-ibu.

Wadah untuk membuat kompos? Kalau tidak ada tempat untuk membuat komposter bata terawang, bisa juga menggunakan keranjang bambu besar, bisa juga menggunakan karung. Mudah saja, jangan terlalu dipikirkan sulitnya.

Sewaktu membuka tong plastik yang berisi MOL, sebagian ibu-ibu ada yang menutup hidung. Agak bau katanya. Bau gas metan sedikit, soalnya beberapa hari lalu saya menutup tong ini agak rapat, jadi kurang udara bebas. Tetapi tidak apa-apa, kualitas MOL tetap bagus.

Penjelasan tidak lama, karena melihat langsung dengan mata kepala sendiri bagaimana cara-cara membuat MOL dan kompos. Semoga ibu-ibu ini langsung mempraktekannya di rumah masing-masing, dan dicontoh pula oleh para tetangga mereka. Semoga ”zero waste” bisa dilakukan oleh tiap keluarga di Kota Bandung.

No comments: