Wednesday, December 5, 2007

SELAMAT UNTUK TIM BIOPORI PAK KAMIR CS

Bandung, Jl. Alfa No. 92 Cigadung II, 5 Desember 2007
Foto: Sobirin 2007, Lubang Kecil Manfaat Besar

Oleh: SOBIRIN
Awalnya saya awam, apa itu biopori? Ketika saya berselancar di internet mencari informasi tentang biopori, ketemu, alamatnya di www.biopori.com web kepunyaan Tim Biopori pimpinan Bapak Kamir R Brata.


Biopori adalah teknologi sederhana tepat guna multi fungsi. Bisa untuk resapan air, bisa untuk mengurangi genangan air, bisa untuk wadah pengomposan, dan tentunya menyuburkan tanah.

Tim penemu teknologi tepat guna ini terdiri dari staf pengajar pada Bagian Konservasi Tanah dan Air, Departemen Ilmu Tanah dan Sumber Daya Lahan, Fakultas Pertanian, IPB. Tim diketuai oleh: Kamir R Brata, dengan anggotanya: Wahyu Purwakusuma, Yayat Hidayat, Enny Dwiwahyuni, DP Tejo Baskoro, dan Maspudin.

Banyak pujian telah diterima oleh tim ini, berbagai media masa memberitakan tentang penemuan sederhana tapi manfaatnya sangat besar ini. Harian Kompas, Rabu tanggal 5 Desember 2007 menurunkan berita di halaman 26 dengan judul: “Lubang Biopori Bisa Cegah Banjir”.


Tim ini menamakan hasil temuannya dengan istilah Lubang Resapan Biopori (LRB). Prinsip LRB adalah lubang di tanah berdiameter 10 cm (bisa lebih) kedalaman 1 meter. Ke dalam lubang dimasukkan sampah organik yang diharapkan akan dimakan oleh organisme yang ada di dalam tanah. Dikatakan di halaman seluas 50 meter persegi bisa dibuat sebanyak 20 sampai 40 LRB, tergantung curah hujan dan sifat kelulusan air dari lapisan tanah setempat.


Alat untuk membuat lubangnya sangat sederhana, semacam bor tangan. Tim ini menjualnya dengan harga Rp. 175.000,- ditambah ongkod kirim. Pesan alat bisa ke alamat website tim ini.

Saya mengucapkan selamat atas penemuan ini. Bagus sekali. Saya ingin punya alat tersebut, kapan-kapan saya akan beli. Nah, karena penasaran, saya mohon ijin kepada Tim Biopori ini untuk mencobanya di halaman rumah saya, sementara saya membuat lubang dengan bambu runcing sebagai alat bornya.

Kebetulan rumah saya memproduksi kompos, maka bahan-bahan kompos setengah jadi saya jejalkan ke lubang ini. Rumah bakalan semakin ”zero waste”.


Sekali lagi selamat kepada Pak Kamir dan seluruh anggota Tim Biopori!

2 comments:

helen said...

kompos apa yang bagus untuk ke biopori??

helen said...

kompos apa yang bagus untuk ke biopori??