Monday, April 21, 2008

KETIKA STROBERI POT MULAI BERBUNGA

Bandung, Jl. Alfa No. 92, Cigadung II, 22 April 2008
Foto: Sobirin 2008, Stroberi Pot Mulai Berbunga
Oleh: Sobirin
Sekitar sebulan lalu saya diberi tanaman stroberi muda sebanyak 10 polibeg oleh Henry Syarifuddin, pengusaha muda, yang juga memiliki usaha jaringan internet. Stroberi saya pindahkan dalam pot besar berisi tanah campur kompos buatan sendiri. Stroberi pot organik tumbuh subur, dan kini sedang berbunga.



Tadinya oleh Henry, yang juga teman anak saya, disarankan dipindah dalam polibeg besar, tetapi saya memilih pot saja, pot ukuran besar diameter 40 cm, tinggi 40 cm, karena kalau polibeg sering berkerut, jadi kurang rapih. Kalau pakai pot, menurut saya, menjadi sangat estetis.

Pot saya isi dengan tanah campur kompos, perbandingan 1 bagian tanah, 2 bagian kompos. Satu pot besar saya tanami 3 batang stroberi. Tiap 3 hari saya siram MOL tapai campur nenas yang telah saya encerkan. Stroberi-pun bertumbuh dengan subur. Kini stroberi sedang berbunga, warna putih, kecil, sebesar bunga melati.


Moga-moga tanaman stroberi ini cepat berbuah banyak. Ternyata berhobby pertanian rumah tangga, dengan kompos buatan sendiri, dengan siraman MOL buatan sendiri, sangat mengasyikkan. Di sela-sela kesibukan sehari-hari yang tak ada habisnya, selingan menyiram tanaman dan mengorek-ngorek tanah bisa sedikit mengendurkan pikiran kusut.

Mari kita ber-agrohome organik, mengembangkan pertanian rumah tangga organik tanpa pupuk kimia, sekalian ber-zerowaste.

No comments: