Friday, April 18, 2008

TUNGGU PANEN, PADI POT UNTUK DEKORASI

Bandung, Jl. Alfa No. 92, Cigadung II, 18 April 2008
Foto: Sobirin 2008, Padi Pot untuk Dekorasi Rumah

Oleh: Sobirin

Padi pot varietas “kampung” yang saya tanam dua setengah bulan lalu telah bertumbuh dengan subur. Sayangnya padi ini belum berbuah, namanya juga jenis kampung, baru berbuah setelah 5 bulanan. Bentuknya yang indah menjadikannya sangat bagus untuk dijadikan dekorasi di dalam rumah.




S
ambil menyelam minum air. Belajar menanam padi pot, selain bisa merasakan betapa beratnya menjadi petani di sawah, juga bisa banyak belajar sifat-sifat tanaman padi. Ternyata tanaman padi pot ini juga bisa dijadikan unsur dekorasi dalam rumah, diletakkan di ruang keluarga. Cukup indah.


Tentunya peletakan padi pot di dalam rumah tidak langsung begitu saja. Apalagi kalau potnya dari ember bekas. Perlu sedikit rekayasa. Padi pot saya, atau sebenarnya padi ember saya, saya masukkan ke dalam keranjang anyaman berhias. Jadi kelihatannya rada-rada berseni.


Padi pot yang dipakai sebagai dekorasi ini tidak boleh seterusnya. Cukup 1 atau 2 hari saja untuk hiasan, kalau sudah segera dikembalikan ke luar rumah lagi agar terkena sinar matahari. Bila memiliki banyak padi pot, dan ingin menjadikannya sebagai dekorasi di dalam rumah, maka dilakukan secara bergilir, pot yang satu digantikan oleh pot yang lain.

Demikian, sambil menunggu panen, padi pot bisa dimanfaatkan untuk dekorasi di dalam rumah.

1 comment:

PSDK said...

ass..........pak
salam lingkungan
saya jefry dari pusat sumber daya komunitas (PSDK). saya trtarik dengan artikel menanam padi dalam pot. tapi bacanya kurang lengkap. tuk itu, kalo tak keberatan kami ingin tahu prosesnya supaya dapat dapat diterapkan di komunitas kami. kami tnggu bacaan lengkapnya.

terimakasih atas perhatiangnya