Tuesday, October 7, 2008

PADI SAWAH MINI MULAI BERTUMBUH

Bandung, Jl. Alfa No. 92, Cigadung II, 7 Oktober 2008
Foto: Sobirin 2008, Padi Sawah Mini Mulai Bertumbuh

Oleh: Sobirin

Padi di sawah mini saya mulai bertumbuh subur. Saat ini umurnya sekitar 24 hari semenjak benih saya tebar bebas. Kasihan juga, ada yang tumbuh berdesakan, mungkin saling berebut makanan. Tetapi saya memang sengaja ingin melihat pertumbuhan padi alami secara tebar bebas.




A
walnya ketika benih saya tebar, saya hanya memberi siraman air saja, tanpa MOL. Ketika umur padi 15 hari sejak benih ditebar, mulai saya siram dengan MOL sangat-sangat encer.


Berbeda halnya dengan padi SRI tanam 1 butir yang memerlukan perhatian khusus, maka saya ingin melihat pertumbuhan padi tebar bebas ini tanpa perlakuan istimewa. Jelas konsep tebar bebas ini ada sisi positifnya, ada pula sisi negatifnya. Kita akan lihat nanti.

1 comment:

Unknown said...

pak, ada yang ingin saya tanyakan. Bagaimana kita menyiram mol pada padi yang bukan ditanam di pot. Karena seperti yang sering bapak katakan bahwa mol hanya disiram ke tanah. Tentunya akan sangat sulit, bila hendak menanam di sawah, misalnya.
Terima kasih sebelumnya.
SIV