Friday, September 26, 2008

TITI DJ DAN OVY SELEBRITIS KOMPOS

Bandung, Jl. Alfa No. 92, Cigadung II, 26 September 2008
Foto: Sobirin 2008, Titi DJ-Ovy Meninjau Komposter (Foto lain di Read More)

Oleh: Sobirin

Ketika banyak selebritis mengembangkan kariernya ke dunia politik, misalnya Marissa Haque, Nurul Arifin, Dede Yusuf, dan yang lainnya, tetapi sepasang selebritis ini justru berbeda. Titi DJ dan suaminya Ovy, dua-duanya artis papan atas ini justru melirik ke dunia zerowaste.




A
walnya saya kaget juga ketika ada SMS dari Titi DJ dan Ovy Noviar Rachmansyah yang ingin studi banding melihat cara-cara kompos-mengompos di rumah saya Jl. Alfa 92 Bandung. Saat ini “trend”nya selebritis mengembangkan karier jadi anggota DPR dan Pimpinan Daerah, tapi yang ini mengapa malah ingin mendalami kompos dan zerowaste. Moga-moga Titi DJ dan Ovy menjadi duta lingkungan khusus persampahan.


Sesuai rencana, tanggal 26 September 2008 datang rombongan Titi DJ dan suaminya Ovy dan anak-anaknya: Salma, Salwa, Daffa, Excel, Keisha (Stephanie tidak ikut), berikut Slamet (pengurus kebun keluarga Titi DJ dan Ovy), dan sopir.


Keluarga Titi DJ dan Ovy ini ingin sekali rumahnya menjadi zerowaste, mengelola sampahnya sendiri dengan cara 3R (reduce, reuse, recycle). Keseriusannya nampak dari pertanyaan-pertanyaan sekitar MOL dan kompos-mengompos. Bahkan selalu menekankan kepada Slamet sebagai pengurus kebun keluarga supaya mendengarkan penjelasan dan mempraktekkan di kemudian hari.

Keinginannya untuk berzerowaste juga kelihatan ketika di ‘shout box’ blog clearwaste pernah menanyakan tentang padi ember. Waktu di ‘shoutbox’ menggunakan nama ‘titiovy rachmansyah’, dan saya tidak tahu kalau itu Titi DJ.


Sesuatu yang lebih menarik yaitu tatkala mendengar bahwa Ovy berkeinginan menjadi petani organik berskala besar. Bagus sekali cita-citanya, semoga di hari tuanya bisa melebihi suksesnya Bob Sadino, petani intelek Indonesia kaliber internasional.

Semoga rumah Titi DJ dan Ovy berikut keluarganya segera menjadi zerowaste. Semoga cita-cita Ovy menjadi petani sekaliber Bob Sadino bisa tercapai. Semoga pula keinginan ber-zerowaste dapat disusul dan diikuti oleh para selebritis yang lain. Kalau kampanye tentang sampah dilakukan oleh selebritis, pasti masalah sampah di kota-kota besar bakal segera terselesaikan.

3 comments:

titiovy said...

Dear pak Sob dan ibu yg baiiik... terimakasih sdh mau meluangkan waktunya menerima kami. Senang sekali kami tadi di rmh pak Sob (yg didiasain sendiri oleh pak Sob, hebaaat) yg asri, sejuk, bersih, terang dng banyak buka'an2 lebar, ga perlu ac, anak2 senang sekali. Agak terkejut juga sy melihat pak Sob yg terlihat jauh lebih muda dibanding foto2 yg ada di blog ini. Istrinya juga cantiiik, bisa aja nih pak Sob nyari istri. Sy dan Ovy yakin kunjungan kami td amat sangat bermanfaat, kami akan segera mulai membuat anaerob, aerob, mol dsb utk membuat kompos. Kami akan terus up date perkembangannya. Sekali lagi terima kasih banyak pak Sob.

Mr. Sob Zerowaste said...

Hallo Titi dan Ovy,
Kunjungan Titi, Ovy, dan anak2 juga sangat menyemarakkan rumah. Rumah kami memang rumah alam, biar udara segar masuk.
Semoga rumah Titi dan Ovy segera ber-zerowaste.
Semoga cita2 Ovy segera terlaksana, di-doa-kan menjadi petani organik sekaliber Bob Sadino.
Salam utk anak2 semua...
dari: sob

bud said...

salam,
sungguh menyenangkan mengetahui ada selebritis yang peduli dengan masalah sampah ini dan bersedia melakukan perubahan dari rumah mereka. doa saya untuk ibu Titi sekeluarga, semoga anda bisa menginspirasi masyarakat untuk melakukan hal yang sama