Friday, November 21, 2008

ECENG GONDOK DAN GENJER PENJERNIH AIR LIMBAH

Bandung, Jl. Alfa No. 92, Cigadung II, 22 November 2008
Foto: Sobirin 2008, Kolam Penjernih Air Sederhana

Oleh: Sobirin

Kolam penjernih air limbah cucian yang tempoh hari saya ceriterakan ternyata berfungsi cukup baik. Saya sedang mencoba bermacam tanaman air untuk menjernihkan air limbah ini. Kali ini saya menanam eceng gondok dan genjer yang saya ambil dari sawah dekat kampung saya.



Ketika awal-awalnya kolam ini saya fungsikan, tanpa tanaman, ikan-ikan yang saya masukkan ke dalam kolam menjadi mabok. Rupanya air cucian dengan kandungan sabun deterjen pekat telah membuat ikan-ikan ini pusing. Beberapa tanaman air seperti kiambang air, juga kurang kuat beradaptasi dengan air limbah cucian piring ini.

Tidak jauh dari rumah saya ada sawah yang masih belum dialih fungsi menjadi kawasan permukiman. Di sawah ini banyak tumbuh eceng gondok dan genjer. Lalu saya berfikir, tanaman ini rupanya bisa juga dicoba untuk ditanam di kolam air limbah saya.


Kemudian beberapa rumpun eceng gondok dan genjer memenuhi kolam air limbah saya, dan ternyata berfungsi baik dalam proses penjernihan air limbah cucian piring.

2 comments:

toetoet said...

Bisa digunakan untuk menetralisir limbah tahun nggak ya? kayaknya koq mudah dan murah. cocok untuk masyarakat pedesaan dengan industri skala rumah tangga yang nggak punya biaya.

Agus Ugho said...

Betul apa yang bapak terapkan,dan saya punya cerita mungkin tahun 1983 saya pernah melakukan penanaman eceng gondok di pabrik tekstil disekitar Majalaya yang fungsinya untuk menetralisir limbah pabrik yang airnya digunakan persawahan penduduk hasilnya bagus, selamat untuk bapak Sobirin.