Thursday, July 31, 2008

KOMPOS JUGA PERLU DIAYAK

Bandung, Jl. Alfa No. 92, Cigadung II, 1 Agustus 2008
Foto: Sobirin 2008, Mengayak Kompos Hasil Anaerob

Oleh: Sobirin
Banyak cara membuat kompos. Jangan takut salah. Paling tidak ada dua cara, yaitu cara aerob (perlu aliran udara untuk oksigen), dan cara anerob (tertutup). Hasil akhir sama bagusnya. Lebih bagus bila ukurannya diseragamkan, dengan cara diayak, untuk maksud dipak dan dijual.


Kompos dari komposter aerob bata terawang tidak perlu diayak, karena sebelumnya bahan-bahan kompos telah dicacag kecil-kecil. Tetapi kompos dari komposter anaerob perlu diayak, karena sebelumnya bahan-bahan kompos hanya dicacag asal-asalan. Bahkan bila pembantu rumah tangga menyapu daun-daun kering di halaman, langsung saja dimasukkan ke dalam komposter anaerob.

Ketika kompos dari komposter anaerob ini dipanen, butiran-butiran komposnya tidak seragam, ada yang potongan besar ada yang potongan kecil, ada pula yang sudah merupakan butir-butir kecil seukuran butiran tanah. Oleh sebab itu untuk menyeragamkan butiran perlu di ayak.

Ayakannya dibuat dari kawat ayakan atau kawat kasa ukuran lubang 0,5 cm x 0,5 cm. Selesai diayak, kompos disimpan dalam karung dan disimpan ditempat yang teduh atau di gudang untuk suatu saat siap dimanfaatkan.

No comments: