Monday, July 7, 2008

PADI EMBER KAMPUNG VERSI 2 HANYA 1 ONS

Bandung, Jl. Alfa No. 92, Cigadung II, 8 Juli 2008
Foto: Sobirin 2008, Bulir Padi Ember Kampung Hasil Panen

Oleh: Sobirin

Padi ember kampung versi 2 yang saya tanam kira-kira 5 bulan yang lalu, baru bulan Juli ini saya panen. Bangga juga panen padi hasil tanaman sendiri. Tetapi hasil padi kampung versi 2 ini sama dengan versi 1 tahun 2006 yang lalu, hanya 1 ons gabah kering panen (GKP).



Mungkin karena jenis padinya yaitu padi kampung, walaupun telah saya pelihara dengan kompos dan MOL tidak dapat meningkatkan hasil seperti harapan saya sebelumnya, yaitu bisa melebihi 1 ons GKP.

Namun bila kita ekstrapolasi kepada hitungan sawah 1 ha, hasil padi saya ini setara dengan 10 ton GKP/hektar/panen. Sebenarnya telah merupakan prestasi. Mungkin bila ada pembaca yang cara merawatnya lebih tekun dari saya, maka saya percaya walaupun padi ember ini jenis kampung, hasilnya bisa lebih dari 1 ons GKP atau bahkan bisa 2 ons GKP.


Yang terpenting, sumber kompos dari sampah rumah tangga sendiri yang diolah menjadi kompos, dengan MOL buatan sendiri, dan rumah menjadi ‘zerowaste’. Memang menjadi petani terutama organik perlu ketekunan dan kesabaran.

1 comment:

flasher said...

jangan kecewa pak, mungkin memang sejauh itulah yang bisa dihasilkan dari bibit padi itu, yang penting kita bahagia dan senang menjalaninya.