Saturday, September 13, 2008

RUMAH EYANG TANPA SAMPAH

Majalah Kreatif, No.08/2008, Johana Ernawati
Foto: Halaman 10-11 Majalah Kreatif


Rupanya ada majalah anak-anak, namanya Kreatif, saudaranya Bobo, dari kelompok Kompas Gramedia juga peduli Zerowaste. Edisi No. 08/2008 menampilkan Geng Go Green, mengulas tentang rumah eyang Zerowaste rumah bersih tanpa sampah, diliput oleh wartawatinya Johana Ernawati.



Ceritanya Roki diperankan oleh wartawan Johana Ernawati mampir ke rumah eyang Sobirin di Bandung. Semua ditanyakan oleh Roki ini, bagaimana membuat MOL, bagaimana membuat kompos, bagaimana menanam padi ember, dan lain-lainnya.

Eyang Sobirin menjawab bahwa semua itu mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja, yang penting niatnya adalah ‘tidak membuang sampah ke luar rumah’. Sampah rumah tangga diprosres sendiri saja agar rumah menjadi Zerowaste, berbudaya hidup bersih dengan rumah tanpa sampah.

Gantian si eyang ini menanyakan kepada Roki, bagaimana menceriterakan kembali dengan bahasa anak-anak agar mudah ditangkap oleh anak-anak? Ternyata Roki alias Johana Ernawati sangat pintar mengolah kata-kata dengan bahasa anak-anak, agar mulai dari usia dini anak-anak berbudaya hidup bersih. Coba silahkan dibaca di majalah Kreatif edisi No, 08/2008.

1 comment:

margosc.blogspot.com said...

Selamat untuk Roki dan majalah Kreatif! Sudah saatnya u/stop! membuang sampah yang hanya memindahkan sampah dari satu tempat ke tempat lainnya ! Mau gak sampah tetangga dibuang ke tempat kita? Kalo gak , hayu kita tiru langkah eyang, "Rumah tanpa sampah" Lebih hemat, bersedekah (plastik&kertas kita berikan ke pemulung)& lebih sehat!