Monday, February 25, 2008

HIASAN DARI BUBUR KERTAS

http://myblog-christine-christine.blogspot.com/, 21 Februari 2008
Foto: Christine Budihardjo 2008, Hiasan Daur Ulang Kertas Bekas
Oleh: Christine Budihardjo
Punya koran bekas? Jangan buru-buru dibuang atau diloakkan... bisa jadi hiasan cantik lho.... Bahan utamanya kertas bekas, air dan lem putih (lem kayu), sedangkan bahan pendukungnya cat poster dan vernis. Alat yang diperlukan blender, kain untuk menyaring dan cetakan kue kering.




"Musibah" itu datang pas libur lebaran Oktober 2007 lalu. Gudangku diserang rayap, hancur semua!!! Termasuk hiasan pohon natalku yang lucu-lucu. Sediiiih banget..... apalagi Natal sudah di depan mata.

Menjelang Natal aku muter dari mal ke mal untuk mencari hiasan natal yang bagus dan murah. Hhhh....!! tidak ada yang cocok. Kalo barangnya bagus harganya mahal, kalo harganya murah barangnya jelek (ya pasti to...).

Trus aku berpikir untuk bikin sendiri, tapi... seperti apa ya.... yang unik dan murah meriah....


Pucuk dicinta ulam tiba.... waktu jalan-jalan di Gramedia, aku liat buku berjudul Kreasi Cantik dari Bubur Kertas karangan Elvira Novianti Nurwarjani. Covernya menarik, banyak lembar berwarnanya, ada foto step-by stepnya, bahasanya mudah dimengerti dan yang penting bahannya ada di sekitar kita.


Bahan utamanya adalah kertas bekas, air dan lem putih (lem kayu) sedangkan bahan pendukungnya adalah cat poster dan vernis. Alat yang diperlukan adalah blender, kain untuk menyaring dan cetakan kue kering.

Caranya, kertas disobek-sobek, direndam air 1-3 hari. Setelah itu diblender sampai halus, disaring dan diperas sampai agak kering.

Ampas kertas tadi kemudian dicampur dan diaduk rata dengan lem putih.
Kemudiam dicetak pake cetakan kue kering, kasih gantungan tali emas kemudian dijemur sampai kering.

Setelah kering dicat pake cat poster. Jadilah hiasan pohon natal yang unik, cantik dan murah.

5 comments:

Let's share and leraning together said...

thanks
sangat berguna.. langsung mau praktek nich

Puspita said...

Terima kasih infonya. Bisa jadi tambahan ide buat praktek di sekolah.

mayang.ae said...

oke juga :)

Nurdiin envygreen said...
This comment has been removed by the author.
Nurdiin envygreen said...

wah mantap nih bisa di coba wastematerialthing.com (jempol)