Tuesday, February 26, 2008

TERONG SOLIHIN GP SEBESAR BUAH KELAPA

Bandung, Jl. Alfa No. 92, Cigadung II, 26 Februari 2008
Foto: Kiriman Bapak Solihin GP 2008, Terong disetek ke Takokak

Oleh: Sobirin

Siapa yang tidak kenal Bapak Solihin GP? Beliau mantan Gubernur Jawa Barat, mantan Sesdalobang, beliau juga sahabat saya dalam kompos-mengompos. Foto adalah tanaman organik hasil karya beliau, terong yang disetek ke takokak.



Tanaman terong (solanum melongena) yang biasa dipakai untuk sayur menyayur oleh Bapak Solihin GP dicoba disetek-kan kepada tanaman takokak (solanum khasianum). Di Jawa Barat, takokak biasa dipakai untuk lalab.

Kemudian dirawat secara organik, tanahnya dicampur dengan kompos buatan beliau sendiri, dan selalu disiram dengan MOL juga buatan beliau sendiri.
Dalam blog ini pernah saya tulis tentang beliau dalam artikel “Kompos Solihin GP dan MOL Ikan Asin” edisi 16 Juni 2007.

Beliau memang masih sangat aktif bersosialisasi. Ingin tahu usia beliau sekarang? Usianya 82 tahun! Selain bersosialisasi dengan masyarakat, dirumahnya juga aktif kompos-mengompos dan membuat bermacam-macam MOL.


Hasilnya? Pekarangan rumah beliau menjadi ”agrohome” organik yang sempurna. Tanamannya bermacam-macam. Semuanya organik. Dari terong, padi, kacang panjang, kopi arabika, sampai papaya, dan banyak lagi.


Beliau bangga sekali dengan percobaan terong-nya. Subur dan buahnya segar, besar sekali, sebesar buah kelapa.


Hampir setiap hari Bapak Solihin GP ini mengajak saya berdiskusi tentang konsep pembangunan desa mandiri berbasis kompos dan MOL buatan rakyat sendiri.

Kata beliau: Desa Kuat, maka Negara akan Kuat.

1 comment:

antown said...

wah mantap juga ya