Thursday, February 28, 2008

PADI POT ORGANIK MEMBUAT PENASARAN

Bandung, Jl. Alfa No. 92, Cigadung II, 28 Februari 2008
Foto: Sobirin, 2008, Padi Dalam Pot Umur 1 Bulan 2 Hari

Oleh: Sobirin
Padi dalam pot sangat menarik perhatian saya, membuat penasaran. Setiap hari tanah saya dangir (dibolak-balik) perlahan agar tidak mengenai akar, lalu tanah disiram MOL peuyeum encer. Pertumbuhan tanggal 28 Februari 2008 sangat berarti, lihat perbandingannya dengan ballpoint. Lihat juga edisi sebelumnya, tanggal 7 dan 23 Februari.



Artikel “Tanam Padi Dalam Pot” dapat dibaca dalam edisi blog ini 7 Februari 2008 yang menguraikan tentang tahapan menanam padi sebutir dalam pot. Lihat pula artikel 23 Februari 2008 yang menguraikan pertumbuhan yang subur dalam umur 1 bulan (kurang 3 hari).

Sekarang lihatlah perkembangan tanggal 28 Februari 2008 dalam umur 1 bulan 2 hari, yang tumbuh semakin kekar, berkat tanah di MOL peuyeum yang telah diencerkan 1 bagian MOL ditambah 15 bagian air. Disiramkan ke tanahnya, bukan ke tanaman padi-nya.


Ada rahasia yang perlu diketahui oleh para pembaca, yaitu sinar matahari. Tanaman termasuk padi ini kecuali senang tanah yang subur campur kompos, kemudian MOL encer, juga perlu sinar matahari untuk berfotosintesa.


Sekarang memang musim hujan, sinar matahari yang hanya sekejap karena awan mendung menutupi, rupanya telah cukup untuk memberi kesempatan anak padi ini berfontosintesa.


Semoga tanaman padi dalam pot ini terus tumbuh, tidak ada ada gangguan apapun.

No comments: